5 Gejala Kanker Mulut yang Sering Dianggap Sariawan Biasa

Anda perokok dan sering sariawan? Berhati-hatilah mulai sekarang, karena bisa jadi yang semula disangka sariawan biasa itu ternyata gejala kanker mulut. Belum banyak orang yang care dan aware dengan jenis kanker ini. Selain karena kasusnya yang memang tdaik sebanyak kanker leher rahim, kanker payudara, dan kanker otak, kanker mulut juga memiliki gejala awal yang sangat mirip dengan sariawan.
Sariawan biasa merupakan salah satu penyakit mulut atau lidah yang disebabkan oleh jamur Candida albicans. Jamur ini memang flora normal dalam mulut yang tidak berbahaya jika hanya sedikit. Tapi jika jika kebersihan mulut tidak dijaga, maka berpotensi munculnya sariawan. Lalu apa perbedaan sariawan dengan gejala kanker mulut? Berikut 5 ulasannya untuk Anda.

1. Munculnya Ulkus pada Rongga Mulut
Ulkus berupa luka terbuka pada permukaan kulit atau selaput lendir karena kematian jaringan yang luas dan kuman saprofit. Jika terdapat inflamasi, ulkus dikelilingi lingkaran merah yang mengelilingi ulkus yang berwarna kuning ataupun abu-abu. Kanker mulut biasanya menyerang lidh dan rongga mulut bagian bawah.

2. Ulser Bersifat Menetap atau Kronis
Pada sariawan biasa, ulser mudah sembuh dalam beberpa hari. Jadi jika ulkus tak kunjung sembuh dalam kurun waktu 3-4 pekan, serta rasa sakitnya tidak sepadan dengan besarnya ulserasi, waspadai kemungkinan ini sebagai gejala kanker mulut.

3. Ada Indurasi dan Pembesaran Jaringan
Jika diraba dengan keras, akan terasa benjolan (indurasi) yang disusul dengan pembesaran jaringan sehingga wajah tampak bengkak. Ciri ini memang mirip dengan sariawan biasa. 

4. Pembengkakan Kelenjar Limfa
Kelenjar-kelenjar membesar dan dapat diraba melekat erat pada jaringan di sekitarnya. Penyebabnya berkaitan dengan rokok, karena panas rokok dapat mengubah kultur dalam rongga mulut menjadi bersifat karsinogenik.

5. Rasa Kaku dalam Rongga Mulut
Kondisi rongga mulut seperti kumpulan sariawan yang berkelompok menjadi bercak seperti bunga kol. Permukaan lidahnya keras dan tidak lunak, serta jika sudah parah akan tumbuh benjolan disekitar sariawan yang berlangsung lebih dari 3 pekan. Langkah tepat untuk mengetahuinya yaitu dengan melakukan biopsi jaringan.
Saat gigi Anda terlanjur berlubang, segera tambal dan rawat, karena jika makin tajam lalu patah, hal ini dapat mengiritasi mukosa mulut. Iritasi kronis inilah yang kemudian mampu mengubah sel normal menjadi sel kanker. Jadi, beri tahu keluarga dan orang sekitar Anda tentang bahayanya menyepelekan gejala kanker mulut ini. Tidak hanya mulut, bagian tubuh lainnya pun perlu dijaga kebersihan dan asupan gizinya agar terhindar dari penyakit. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Gejala Kanker Mulut yang Sering Dianggap Sariawan Biasa"

Posting Komentar