5 Hal yang Perlu Dibawa saat Mendaki Selain Sandal Gunung

5 Hal yang Perlu Dibawa saat Mendaki Selain Sandal Gunung
5 Hal yang Perlu Dibawa saat Mendaki Selain Sandal Gunung

Mendaki gunung adalah salah satu hal yang menyenangkan bagi yang hobi hiking. Dengan mendaki gunung, mereka bisa mendapatkan ketenangan batin serta kepuasan tersendiri. Nah, apakah Anda juga suka mendaki? Selain membawa sandal gunung sebagai peralatan untuk mendaki, ada beberapa hal lain yang perlu Anda bawa.

Hal ini untuk memenuhi kebutuhan Anda selama mendaki. Bila beberapa barang ini Anda lupakan, kegiatan mendaki Anda bisa jadi kacau dan tak bisa dilanjutkan hingga mencapai puncak. Sebab, beberapa barang ini vital hukumnya untuk dibawa. Lalu, barang-barang apa saja yang perlu dibawa saat mendaki gunung selain sandal yang Anda kenakan?

1. Tas Gunung atau Carrier
Barang pertama yang perlu Anda bawa saat mendaki selain sandal atau sepatu yang Anda gunakan adalah tas gunung atau carrier. Anda mungkin hanya melakukan pendakian one day trip saat naik gunung dan langsung turun di hari yang sama. Namun, tas gunung ini tetap harus dibawa.

Sebab, ada banyak hal yang perlu Anda bawa seperti air minum dan makanan. Apalagi bila Anda naik gunung dan menginap beberapa hari di alam bebas. Jelas Anda membutuhkan tas gunung sebagai wadah peralatan seperti tenda, pakaian dan lainnya. Makin mahal harga dari tas gunung, biasanya makin awet dan ringan. Jadi, jangan sungkan mengeluarkan dana lebih.

2. Sleeping Bag dan Matras
Hal lain yang perlu Anda bawa selain sandal atau sepatu gunung adalah sleeping bag dan matras. Dua hal ini penting untuk dibawa sebagai alas untuk tidur Anda di alam bebas. Beberapa pendaki yang telah berpengalaman biasanya menggunakan matras yang dilapisi dengan alumunium foil.
Hal ini dimaksudkan untuk memberi rasa hangat saat tidur. Sebab, hawa di alam liar tak bisa Anda prediksi. Kenapa alumunium foil bisa membuat tubuh pendaki lebih panas? Sebab, alumunium foil ini akan memantulkan kembali panas tubuh Anda yang keluar kembali ke dalam tubuh Anda.

3. Jas Hujan
Berikutnya adalah jas hujan. Eits! Bukan hanya keluar rumah seperti pergi ke kampus atau kantor saja jas hujan perlu dibawa. Saat mendaki pun perlu. Tujuannya tentu saja untuk melindungi Anda bila hujan terjadi selama pendakian. Letakkanlah jas hujan di tempat yang mudah dijangkau. Jadi, bila hujan tiba-tiba turun, Anda bisa langsung menjangkaunya.

4. Senter atau Headlamp
Lalu ada senter atau headlamp. Senter dan headlamp ini sangat berguna untuk memberi pencahayaan di saat gelap. Baik itu di malam hari ataupun di saat hujan. Anda tak bisa mengandalkan cahaya dari ponsel yang Anda miliki. Sebab, cahaya ponsel tidak begitu terang dan waktu bertahan ponsel untuk terus hidup juga terbatas.

Selain membawa senternya, bawalah juga baterai cadangan. Hal ini untuk mengantisipasi bilamana senter yang Anda bawa kehabisan baterai. Bisa gawat, kan bila senter yang harusnya menerangi jalan Anda mati di tengah jalan?

5. Obat-obatan
Tentu saja, obat-obatan. Membawa obat-obatan saat mendaki adalah prosedur paling dasar yang harus Anda ikuti. Obat-obatan yang harus Anda bawa adalah obat luka luar berupa plester, alkohol dan obat merah. Obat flu, obat penghilang rasa nyeri, obat alergi, vitamin, minyak kayu putih, obat sakit perut dan obat tertentu bila Anda memiliki penyakit tertentu.

Itulah beberapa hal yang harus Anda bawa saat mendaki selain sandal atau sepatu gunung. Peralatan ini adalah peralatan standar yang harus Anda miliki. Sebab, peralatan ini akan sangat membantu Anda saat mendaki gunung. Bingung cari sandal dan sepatu yang pas? Pilih saja sepatu dari Eiger yang memiliki kualitas terbaik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Hal yang Perlu Dibawa saat Mendaki Selain Sandal Gunung"

Posting Komentar